Nim : 31153132
Jurusan : PAI 2 Semester V
Mata Kuliah : Profesi Keguruan
REVIEW BOOK
A. IDENTITAS BUKU
Nama Pengarang : Drs. H. Muhammad Ali
Judul Buku : Guru Dalam Proses Belajar Mengajar
Nama Penerbit : C.V. Sinar Baru Bandung
Tahun Terbit : 1983
Tempat Terbit : Bandung
Cetakan : ke-3
Jumlah Halaman :123 hl.
B. RINGKASAN BUKU
Buku yang ditulis oleh Drs. H. Muhammad Ali mengkaji tentang guru dalam proses belajar mengajar. Yang mana dalam buku ini memaparkan beberapa bab yang sangat penting untuk diketahui oleh seorang pendidik atau guru. Diantaranya:
Bab 1: Pembahasan Mengenai Pemahaman Dasar Tentang Proses Belajar Mengajar.
Terkait mengenai pemahaman dasar, berarti pemahaman awal yang harus diketahui dan dikuasai oleh seorang guru terlebih dahulu dalam hal belajar mengajar. Pentingnya perananan guru dalam proses belajar mengajar, arti teori belajar mengajar serta tipe-tipe belajar. Nah ini lah pokok penting yang harus dikuasai oleh seorang pendidik terlebih dahulu.
Bab 2: Desain Dan Pengembangan System Pengajaran
Dalam mengembangkan system pengajaran perlu adanya keterampilan khusus seorang guru dalam mendesain pembelajaran agar membawa pengaruh baik terhadap anak didik. Melalui pendekatan-pendekatan terhadap system pembelajaran tersebut. Tujuannya adalah agar dalam pembuatan desain pengajaran (RPP) kita bisa membuat RPP dengan lebih baik. Sehingga apabila RPP terstruktur dengan baik, maka akan menjadi pedoman penting bagi seorang pendidik dalam mengajar dikelas.
Bab 3: Mengajar Dalam Praktek
Seorang guru yang professional tidak cukup mengajar dengan teori saja, bahkan harus disertai dengan praktek. Maka dengan begitu seorang guru yang professional harus dapat menyeimbangkan antara teori dan praktek, agar mempermudah pelajaran melekat pada diri siswa. Dalam praktek maka seorang guru diperlukan keprofesional yang cukup, agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan anak-anak didik bisa menerapkan pembelajaran dengan bentuk afektif (sikap) yang baik, baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga.
Bab 4: Strategi Belajar Mengajar Pendekatan Kelompok
Dalam hal ini, terkait dengan strategi berarti terkait dengan cara seorang guru dalam melakukan pembelajaran didalam kelas. Seorang guru yang professional hendaknya memilih strategi yang pas atau strategi yang cocok. Maka dengan begitu dapat pulalah berlangsung pembelajaran dengan baik dan anak didik bisa menerima ilmu yang ditransfer oleh guru. Selain memilih strategi, seorang guru juga harus memilih pendekatan, metode, dan media agar pembelajaran berlangsung dengan baik.
Bab 5: Strategi Belajar Mengajar Pendekatan Individual.
Maksudnya disini, guru memilih strategi mengajar yang cocok dalam pendekatan individual, misalnya dengan member penugasan atau memberi permasalahan terhadap setiap individu dan individu memecahkan permasalahan tersebut secara individual.
Bab 6: Evaluasi Hasil Belajar
Dalam buku dijelaskan bahwa evaluasi atau penilaian merupakan tahap akhir dari pengajaran. Tujuannya adalah agar kita bisa mengetahui apakah peserta didik berhasil dalam menerima pembelajaran atau sebaliknya pelajaran tidak berhasil melekat dalam diri anak didik. Dan apakah dalam pengajaran yang diberikan guru membuat anak didik mengalami perubahan yang lebih baik atau tidak.
C. MANFAAT BUKU PADA PROFESI GURU
Setelah membaca Dan menganalisis buku, saya bisa menyimpulkan bahwa manfaat buku ini terhadap profesi guru sangat banyak. Diantaranya:
1. Buku ini bisa dijadikan pedoman penting bagi seorang guru dalam mengajar dikelas.
2. Buku ini bisa menjadi salah satu sumber bahan bacaan (ilmu pengetahuan) bagi dosen yang sedang mengajarkan mata kuliah profesi keguruan, karena judul bukunya terkair dengan “guru dalam proses belajar mengajar”.
3. Buku ini bisa menjadi salah satu sumber bahan bacaan (ilmu pengetahuan) bagi mahasiswa yang sedang menuliskan karya ilmiah tentang “guru dalam proses belajar mengajar”
4. Menjadi panduan bagi guru agar lebih memahami bagaimana cara agar proses belajar mengajar berjalan dengan sangat baik. Serta menjadi bahan pertimbangan terhadap guru agar lebih berhati-hati dalam menyampaikan materi kepada anak didik.
5. Buku ini menghimpun guru agar mengetahui tentang bagaimana pentingnya proses beljar mengajar, bagaimana pentingnya desain Dan system pengembangannya dalam pengajaran, bagaimana pentingnya mengajar dengan praktek, pentingnya mengetahui strategi belajar mengajar dengan pendekatan kelompok, bagaimana pentingnya belajar mengajar dengan system pendekatan individual, serta pentingnya evaluasi hasil belaja.
6. Buku ini sangat bermanfaat karena didalamnya sangat jelas dipaparkan Dan dijelaskan bahwa seorang guru harus memiliki wawasan yang luas Dan pengalaman yang bisa diceritakan kepada anak didiknya. Dalam buku ini jelas bahwa seorang guru dituntut untuk memiliki 4 kompetensi guru yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi paedagogie, Dan kompetensi professional. Maka oleh karenanya, buku ini sangat cocok bagi para calon guru maupun yang sudah menjadi guru. Walaupun demikian buku ini umum boleh siapa saja yang membacanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar